Tuesday 23 August 2016

Rangkaian Ayat² Al-Quran Terkait KEHAMILAN dan KELAHIRAN Yang Sehat & Berkualitas



✅ Menyambut kehamilan dg gembira (dan ada yg menguatkan kegembiraan itu) dan bertekad kuat mempersembahkan generasi terlahir kpd ALLaah swt.

إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

(Ingatlah), ketika isteri 'Imran berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui
(QS Ali Imran/3:35)


إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),
(QS Ali Imran/3:45).


Selanjutnya,
Perhatikan rangkaian dan urutan ayat²nya di surat Maryam (surat ke 19) berikut ini,


Ayat 22
فَحَمَلَتْهُ فَانْتَبَذَتْ بِهِ مَكَانًا قَصِيًّا

Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.

✅ Lindungi diri dan janin dari efek lingkungan buruk baik secara sosial maupun polutan fisik. Pergaulan, teman² buruk secara agama, media sosial yg komunitas buruk/banyak ungkapan sia², Audio Visual dan Cetak yg kontennya tdk sehat.
Perbanyak lingkungan udara dan air yg berkualitas.


Ayat 23
فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا

Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan".

✅ Jika sakit krn kontraksi atau sejenisnya, bersandarlah pada sandaran yg kuat/tdk goyang dg selalu dzikruLLaah (jangan mengeluh apalagi mengarah spt menyesali/berputus asa)


Ayat 24
فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا

Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: " Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.

✅ Ada yg selalu mendampingi dlm rangka mengingatkan dan menguatkan agar keadaan hati terhindar dari suasana sedih. Cepat pulihkan jika sikon sedih datang/muncul, pulihkan dg dzikruLLaah.
✅ Berendam kaki di air yg mengalir.. Merangsang titik² meridian refleksiologi dg sentuhan lembut.


Ayat 25
وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menjatuhkan Ruthab yg segar kepadamu,

✅ Gerakkan fisik yg efektif utk melenturkan otot² kontraksi spt gerakkan menarik pangkal pohon ke arah badan.
✅ Konsumsi khusus Ruthob (jika tdk ada, pakai yg mendekatinya). Mgkin juga bisa dg herbal² sunnah (yg disebut secara naqli).


Ayat 26
فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا

maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini".

Jelang HPL
✅ Konsumsi makan-minum thoyyibah yg sesuai kondisi fisik dg suasana hati riang menyiapkan energi menyambut karunia ALLaah swt..
✅ Lbh lagi bnyk dzikir/tilawah AQ. Kurangi ngobrol, jangan bicara yg tdk perlu.


WaLLaahu a'lam bish showwaab.

___RR
(dari salah satu grup WA, kepada penulisnya kita ucapkan jazahullah khairan)

No comments:

Post a Comment