Sunday 2 October 2016

Sudah Siapkah Aku Menghadapi Kiamat Kecilku (kematian)?

Kita biasa mendengar kata "hari kiamat". Itulah hari dimana bumi ini akan hancur. Semua yang hidup akan mati. Planet-planet saling bertabrakan. Manusia akan beterbangan seperti kupu-kupu. Gunung-gunung akan meletus seperti kapas berhamburan.

Kita sering menyebut hari kiamat. Maka itulah yang dinamakan KIAMAT BESAR.

Namun seringkah kita mendengar atau membicarakan KIAMAT KECIL. Kiamat kecil adalah saat kematian setiap diri manusia. Kiamat besar bisa jadi kita akan menemuinya, bisa jadi juga tidak kita temui. Namun kiamat kecil setiap kita pasti akan mengalaminya.

Ada banyak hadits yang menjelaskan tanda-tanda kiamat besar. Namun tak ada satupun hadits yang menjelaskan tanda-tanda bahwa seseorang akan meninggal dunia.

Kematian setiap manusia benar-benar merupakan rahasia Allah SWT. Tak seorangpun tau kapan dia akan menemui ajalnya. Hikmahnya apa? Hikmahnya adalah agar setiap manusia mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan setelah kematian tersebut. Dengan apa? Tentunya dengan amal kebajikan.

Karena itulah setiap hamba harus selalu mengingat kematian. Karena mengingat kematian akan mendorongnya untuk ingat kepada Allah, takut jatuh pada maksiat dan agar selalu mengisi hari-harinya dengan hal bermanfaat dan amal kebaikan.

Ya Robb, jadikan aku hamba yang selalu mengingat kematian dan kuatkan aku untuk mengisi sisa usiaku ini dengan taubat dan amal kebaikan hingga kelak ajal menjemput. Amiin

HASTAG: zikrul maut, mengingat kematian, renungan kematian

No comments:

Post a Comment